Rabu, 08 Juni 2011

sukses itu harus !!

Sebagai muslimah, yang kita harapkan tentunya tidak hanya sukses di dunia saja, tapi juga sukses di akhirat. Akan lebih baik jika kita bisa menyeimbangkan keduanya. Kita selalu mengingat Allah SWT, beribadah kepadaNya, dan taat padaNya, dengan tidak melupakan bahwa kita sekarang berada di dunia. Berbuat yang terbaiklah di dunia untuk bekal kita di akhirat. Karena dunia bagaikan jembatan yang akan menghantarkan kita nanti ke surga atau neraka. Kehidupan akhiratlah yang kekal, jadi jangan siakan kesempatan hidup di dunia.

So, untuk sukses kita butuh 6T. Paling tidak ini bisa membantu membentuk kepribadian yang sukses. Ini dia :

Tenang; bagi seorang muslim yang ingin sukses maka dirinya mesti bersikap tenang. Tenang karena dirinya yakin akan adanya kekuasaan Allah. Dialah yang maha pemberi rezeki kepada setiap makhluk Nya. Ingatlah, bahwa diri kita hanyalah salah satu dari makhluk Nya yang pasti menerima rezeki dari Nya.

Terencana; seorang muslim yang mendambakan kesuksesan haruslah melakukan setiap kegiatan, aktivitas, pekerjaan, apapun dia haruslah dengan terencana. Karena hal ini dapat membantu memperoleh target yang kita harapkan.

Tawakal; setelah pekerjaan, kegiatan, aktivitas yang dilakukan secara terencana, seorang muslim mesti menyerahkan sepenuhnya kepada Allah. Karena Allahlah yang mengetahui akan hasil atau ganjaran yang kita peroleh dari suatu pekerjaan atau aktivitas yang kita lakukan.

Tekun dan Istiqomah; ini penting, karena boleh jadi kejenuhan yang kita rasakan terhadap suatu pekerjaan merupakan suatu ujian kepada kita seberapa kuat kita mampu bertahan terhadap pekerjaan yang kita tekuni tersebut.

Tegar dan Sabar; seorang muslim tidak boleh mudah menyerah atau putus asa bila gagal meraih kesuksesan yang di idamkan. Oleh karena itu, ketegaran dan kesabaran sangat dibutuhkan. Karena dengan ketegaran dan kesabaran akan menjadikan dirinya menjadi orang yang bermental baja, tahan banting terhadap segala yang menimpa dirinya.

Tawadhu’; jika seorang muslim sudah berada pada puncak kesuksesan maka ia perlu menghadirkan sikap tawadhu’ (rendah hati). Ingatlah bahwa jika yang dihadirkan itu adalah kesombongan baik itu berupa materi, ilmu dan spritual yang dimiliki, maka kesombongan itu merupakan sarana yang paling efektif untuk menjatuhkan martabat seorang muslim.

Bisa dikatakan sukses di dunia kalau kita sudah bisa bermanfaat buat orang di sekitar kita.
Semoga semua bisa menjadi orang yang sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar