Kamis, 09 Juni 2011

bersyukur saat bersin..


Huatcchiimmm...
Bersin.. pasti semua orang pernah bersin. . entah itu karena sedang flu atau alergi.
Tau kah kalau dalam Islam juga ada adab bersin, dan sebetulnya bersin itu amat baik, bersin termasuk salah satu nikmat yang Allah berikan ke manusia. Kebayang nggak kalau nggak bisa bersin, pasti rasanya nggak enak, virus dan bakteri jadi gampang masuk ke tubuh.
" Alhamdulillah" ucapan syukurlah yang harus kita ucapkan setelah bersin, itu yang diperintahkan Rasulullah SAW.
Rasulullah bersabda:
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ta’alaa anhu, Rasulullah bersabda, “Sungguh Allah mencintai orang yang bersin dan membenci orang yang menguap, maka jika kalian bersin maka pujilah Allah, maka setiap orang yang mendengar pujian itu untuk menjawabnya; adapun menguap, maka itu dari syaitan, maka lawanlah itu sekuat tenagamu. Dan apabil seseorang menguap dan terdengar bunyi: Aaaa, maka syaitan pun tertawa karenanya”.
Shahih Bukhari, 6223.
Dan ternyata setelah dilakukan penelitian oleh beberapa mahasiswa dari sebuah universitas di Amerika, pada saat bersin jantung manusia berhenti berdetak NOL KOMA SEKIAN DETIK. Maka patutlah kita bersyukur atas kembali berdenyutnya jantung kita. Selain itu, dengan bersin kita juga dihindarkan dari penyakit-penyakit yang dapat masuk ke tubuh kita melalui rongga hidung. Kalau kita bersin, berarti sistem penyaringan di pernafasan kita alhamdulillah masih berfungsi dengan baik.
Subhanallah.. Allah memberikan apapun yang terbaik buat hambaNya.
Dan adab selanjutnya, jika kita mendengar orang lain bersin lalu mengucapkan Alhamdulillah,maka kita yang mendengarnya mendoakan orang itu dengan ucapan “yarhamukallah” (semoga Allah merahmatimu). Kemudian orang yang bersin tadi kembali mendoakan kita dengan ucapan “yahdiikumullooh wayushlih baalakum” (semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan memperbaiki keadaanmu).

So, jangan lupa bersyukur..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar